Senin, 16 April 2012

AWASS!!!..CV BAGASINDO MANDIRI PENIPU!!!

Sedikit cerita dari saya mudah-mudahan bisa membantu sahabat-sahabat semua.

Berawal dari harapan dapat segera bekerja dan tak lagi menyandang status pengangguran,saya membuka situs info loker. Tertarik dengan satu info kerja dari perusahaan "GENERAL TRADING(CV. BAGASINDO MANDIRI)" yang menawarkan berbagai macam profesi(staff admin,supervisor,recepsionist,dll) dengan iming2 menggiurkan:
  • pendaftaran mudah, hanya lewat sms
  • training sehari langsung kerja
  • gaji 1-3jutaan/bulan
  • tidak memakai sistem kontrak
  • jamsostek
  • pengalaman tidak diutamakan  
  • hanya interview saja,tanpa tes apapun
 rasanya bahagia sekali sesaat setelah mendaftar lewat sms,langsung mendapat balasan sms bahwa saya diterima dan disuruh untuk interview esok hari di kantor pusatnya di purwokerto,bertemu dengan bu winda(hrd pusat'katanya'). Dengan segenap keberanian saya mendatangi kantor pusatnya di purwokerto selatan,padahal sebelumnya tak pernah tahu daerah sana. Ternyata alamatnya mudah ditemukan,tidak jauh dari pintu keluar terminal purwokerto. sampai sana langsung menyerahkan surat lamaran yang diminta. tak lama menunggu,saya dipanggil masuk untuk menemui bu winda. awalnya saya pikir mbak2 yang saya temui adalah bu winda,tapi ternyata namanya eka. saya husnudzon aja kalau bu windanya sedang sibuk. saya ditanya macam2 selayaknya interview di perusahaan2 lain. Agak kaget kemudian,karena ternyata saya harus membayar 525rb untuk biaya training. ada yang mengganjal di hati saya,kenapa harus ada acara membayar segala??tapi saya kembali husnudzon bahwa mungkin memang seperti itu prosedurnya. Untuk uang muka saya disuruh membayar 75rb. tapi karena uang yang saya bawa tidak cukup,saya hanya membayar 40rb dan sisanya di bayarkan saat ttd spk(surat perjanjian kerja). Saat dikasih tahu jadwal trainingnya 2 hari lagi di purwokerto juga,saya protes. saya minta untuk training di cabang di daerah domisili saya di Purworejo,karena dari awal mereka berkata saya akan di tempatkan di kantor cabang yang ada di purworejo,kenapa trainingnya malah di purwokerto?batin saya. Dan mbak2 itu membolehkan. sehari kemudian saya dapat panggilan training di purwokerto dari bapak amin(kemungkinan nama samaran),saya protes lagi"bukannya kata mbak2 interviewer saya kemaren, saya bisa training di purworejo?",eh sana ngotot kalau trainingnya harus di purwokerto. terus saya ingat untuk menanyakan alamat cabang di purworejo.karena mulai ragu, jangan2 tidak ada cabangnya di purworejo dan mereka hanya ingin mendapatkan uang doank.  setelah saya tanya alamatnya,bp amin  menjawab"kalau itu masih menjadi private perusahaan,penjelasannya akan diberikan setelah training". saya tambah ragu lagi,masa' orang mau kerja gak boleh tau dimana tempat dia mau kerja siy??apanya yang private?bukankah hal yang sebenarnya wajib diketahui oleh pelamar kerja adalah tempat dia kerja??. setelah saya pikir matang2,saya mengatakan pada bp amin dengan tegas"saya tidak akan datang training sebelum saya tahu dimana alamat saya akan kerja".

Hari Hnya training,saya benar2 tidak datang,dan tidak ada informasi apapun dari mereka. 2 hari setelahnya,saya dapat sms untuk datang training lagi,smsnya tidak saya balas. karena penasaran bagaimana sebenarnya perusahaan yang bernama "CV BAGASINDO MANDIRI"saya searching2 infonya di google,dan hasilnya begitu mengejutkan karena banyak buanget yang ternyata sudah tertipu oleh perusahaan tersebut. ada yang sudah tertipu sampai ratusan ribu bahkan. "prosedur penipuan"nya ternyata macam2 dan berbeda2. Jadi sebenarnya perusahaan itu bergerak di bidang "menipu orang" dengan menyuruh para korbannya membayar uang terlebih dahulu sebelum "dipekerjakan"(bo'ongan).
Saya bersyukur karena saya belum tertipu terlalu jauh,dan rugi terlalu banyak. Dan ini memberikan saya  pelajaran yang sangat berharga. setelah saya searching2 lagi di google,ternyata banyak juga perusahaan yang bermodus sama dengan CV BAGASINDO MANDIRI,seperti PT GLOBAL TRADING COMPANY dan PT MU GLOBAL. semoga sahabat2 semua diselamatkan dari perusahaan2 'BEJAT' itu.

nb: jangan mudah percaya pada perusahaan yang tidak jelas usahanya(termasuk kalau usahanya di bidang"TRADING"),terlalu mudah dlm memberikan syarat2,meminta uang yang tak jelas saat interview atau saat training!!!"kita mau cari duwit,malah disuruh ngeluarin duwit"

67 komentar:

  1. saya juga kemaren udah bayar 50rb.... temen saya juga sama dengan saya..... ketipu........

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow gitu,,,saya juga di suruh datang ke kantornya,,,
      agak mencurigakan sih,,,kok semudah itu cari pekerjaan,,,awalnya saya ada rasa berminat tapi aku dihat di google ternyata banyak yg tertipu,,,

      Hapus
    2. temen-temen yang tertipu silahkan laporkan keluh kesah anda di situs polisi banyumas, moga bermanfaat n cepat di usut, ne situse http://polresbanyumas.wordpress.com/polsek-jajaran/#comment-14

      okey?

      Hapus
    3. temen-temen yang tertipu silahkan laporkan keluh kesah anda di situs polisi banyumas, moga bermanfaat n cepat di usut, ne situse
      http://polresbanyumas.wordpress.com/polsek-jajaran/#comment-14

      okey? aku sudah lapor!

      Hapus
  2. wat??? slamet dah gw...

    semalem ane jg sms gt2 tuh..
    bsk panggilan interview.. (mikir kog bs cepet gt yak?)

    hr ne berguru ke google, eh kog kyk gni ye??

    BalasHapus
  3. ALHAMDULLILAH CUMA KETIPU 25 RIBU....AMIN MUGO2 DI BALES KARO SING KUOSO....AREP POSO GULEK2 DUET GAE BADAN....

    BalasHapus
  4. hemmm,,, ternyata saya juga masih beruntung...!!!!!
    taddi siang jam 11.30 saya hampir tertipu,, tp alhamdulillah saya tidak membayar DP,,, katanya ceh buat mengamannkan nomor urut,,, halah semua bohongan...!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba! aku juga udah kesana, tapi aku gak kena hehheheh

      Hapus
  5. AQ juga,rasanya aneh juga,setelah browse d nama perusahaan itu,ternyata buanyak sekali anggota bagian personalia nya.............setelah datang ke kantor,hampir setiap meja,adalah personalia......ga da hub nya sama sekali sama perdagangan elektronik.....

    BalasHapus
  6. namanya kita kerja tu cari uang, bukan buat ngeluarin uang, so apapun kerjanya n dimanapun jangan mau ngeluarin uang saat kita cari kerja. itu pola pikir saya... :D namanya aja cari duit kok malah ngeluarin duit.

    BalasHapus
  7. saya lulusan s1 dan saya sebenernya punya usaha sendiri tapi saking pengen dapet pengalaman kerja di kantor orang, saya iseng2 nglamar di CV.BG Mandiri tapi qo malah di tagihin duit 525.000 dan saya pun tertipu uang DP 75.000 deh haha perusahaan kampret program kerjanya qo nipu orang, mendingan duitnya buat sodakoh di lampu merah aja.

    BalasHapus
  8. wah ..ini perusahaan lowongannya di bagiin di perempatan,
    pas lampu merah nyala ..modal fotokopian dowank, pake kertas burem lagi ..hedeew

    BalasHapus
  9. aku tadi dah kesana dan dimintain 525rb, tp q ga kasih soalnya q curiga kenapa yang namanya kantor ga ada satupun unit komputer. makanya q langsung bilang q ga sanggup n langsung cabut balik ja.

    BalasHapus
  10. pas cari info loker, aku curiga syaratnya kok mudah & simple bgt.. secara nalar gak mungkinlah sebuah persh cari SDM dgn kualifikasi umum apa adanya.. aku browsing dulu ttg CV tsb.. eh bener.. ternyata udah byk yg ketipu.. untung blm sempet sms, bisa rugi pulsa.. apalgi suruh ngeluarin duit.. amit2 deh..

    BalasHapus
  11. yg beralamat di Jl. Kapten Tendean no 52 A RT/RW: 22/09, Ds. Demangan Kec. Taman, Kab. Madiun. saya besok dsruh datang kesitu dan melakukan interview.. jd bsok saya akan melkukan investigasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa sudah melakukan investigasi? bagaimana?

      Hapus
  12. Alhamdulillah saya baca postingan ini....saya sudah kerja tapi iseng2 cari loker...dan kemudian baca info loker di CV BS MANDRI ga pikir panjang aku coba ja kirim lamaran....1 hari kemudian langsung dapat panggilan untuk interview......dalam hati " ni perusahaan mencurigakan banget"....akhirnya aku nanya mbah google yang ga pernah makan dan ga pernah tidur.....eh ternyata...eh ternyata...eh ternyata.....cuma boongan,,,makasih niefa zarkan...aku ga jadi interview....

    BalasHapus
  13. alhamdulillah... terimakasih semuanya atas info nya..aku ga jadi interview...emang dari awal aku dah curiga...masa lowongan kerja dibagiin di perempatan lampu merah...dah gitu persyaratannya mudah banget...

    BalasHapus
  14. lha ane udah ngirim lamaran kemaren lusa dan hari ini ada panggilan interview nanti jam 13.00.

    karena pengen tahu dan penasaran sama profil CV Bagasindo Mandiri (secara di selebaran gak jelas perusahaannya bergerak di bidang apa), lha ternyata fakta inilah yang ane temuin....

    beruntung banget ane cuma kena tipu kertas, amlpop ama foto...
    ya semoga menjadi pambelajaran supaya lebih waspada terhadap segala bentuk penipuan....


    thanks informasinya agan-aganwati....
    Sukses...!!!

    BalasHapus
  15. thanks ya ternyata saya bukan orang pertama dan satu satunya yang hampir tertipu...

    BalasHapus
  16. kemaren ane gak dateng interview, eh tadi malem ane di SMS supaya berangkat hari ini....

    wakakakak.....
    mana ada perusahaan yang ngasih kesempatan kedua dan ngejar-ngejar pelamarnya....
    keliatan banget lagi nyari tumbal....

    BalasHapus
  17. terima kasih ya atas infonya, aku udah dp mlah, klau tdak balik tdak papa kan..

    BalasHapus
  18. CV. Bagasindo Mandiri FUCK!!!!!!!!!! aku juga ketipu bro.....

    BalasHapus
  19. Astaga Alhamdulillah banget ini, saya tadi pagi googling, nemu yang buat Cabang madiun, saya ngajak temen saya dulu kali aja juga minat daftar, terus temen saya yang googling lagi, akirnya dia nemu testimoni kalo perusahaan ini nipu. Alhamdulillah saya belum sms daftar. saya cuman sms, 'apa benar penempatan nanti di madiun" . Alhamdulillah ya Allah, thanks for sharing ya :)

    BalasHapus
  20. di laporin ke dinas pekerja bisa kan???? biar nanti di audit

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dilaporin ke disnaker, mereka punya bukti SIUP & Badan Hukum, jadi pelapor berada di pihak yang lemah. kecuali kalau beberapa orang yang sudah tertipu di koordinir lalu disepakati kapan akan mengadakan perhitungan kemungkinan besar cara ini akan menghapus CV ini dari muka bumi, karena kepolisian tentu tidak akan bergerak jika sudah berhadapan dengan publik yang ramai, apalagi publik tersebut adalah korban CV itu.. tapi kemungkinan untuk melakukan itu sangat kecil, mengingat para korban tidak hanya berasal dari satu daerah...

      Hapus
  21. terima kasih informasinya tapi udah terlambat saya udah bayar dp 50.000,mudah-mudahan jadi uang saku buat shalawatnya perusahaan itu,amin,saya sugeng kurniawan dari bojonegoro

    BalasHapus
  22. benar sekali ini penipuan dengan berkedok bayar trs akan mendapatkan barang dr salah satu jualan nya ...
    hari Senin kemarin saya mencoba datang ke CV tersebut dan mencoba interviu d situ ada bagian personality yang menginterviuw saya
    kemudian saya d jelaskan profil dari CV tersebut saya mengiyakan saija semuanya tapi di bagian akhir penjelasan disuruh membayar sebesar 525.000 dan saya tak langsung membayarnya saya minta ijin waktu buat rundingan . karena saya telah tau itu penipuan guna untuk tidak mengecawakan dr pihak CV na sy minta rundingan hahha .

    d situ tertulis NON SALES akan tetapi dijelaskan sewaktu traning 3bulan d jelaskan bahwa harus bisa menjual 5 barang dalam waktu 14 hari PENIPUAN CV ini ....

    BalasHapus
  23. bubaaarin yuuuuk.....dasar perusahaaan geje....
    mending usaha pakaian jadi.....asli ga pake tipu menipu.....
    http://tokoonlinepakaianjadi.blogspot.com/

    BalasHapus
  24. saya hari ini baru saja dapet panggilan interview di CV BG MANDIRI..
    saya selamat sempet cari tau di google tentang CV itu..
    trima kasih untuk blog ini..
    saya dan teman 3 saya ter-tolong dengan blog ini...

    BalasHapus
  25. Trm ksh pd smuanya yg telah kasih info.krn sy di sms disuruh dtg ke CV oleh pihak CV, dg sy buka google,ternyata banyak info yg kurang pas,,sehingga sy ga jadi datanglah, yaa alhamdulillah sy baru kena pulsa sms. Trm ksh pd google dan yg sdh kasih info.

    BalasHapus
  26. cari lowongan, ketemu bagasindo langsung cari info.... sebegitunya toh

    BalasHapus
  27. waaa bener2 deh,, ayoh lapor saja :p
    huuuuuuuh..

    BalasHapus
  28. gimana kalo kita bareng bareng lapor ke polisi. biar ditembak MATI itu orang2 penipu

    BalasHapus
  29. hehe... barusan q di sms suruh interview..(selamat ga jadi kesono :) )

    BalasHapus
  30. saya salah satu dari kalian yang mengkin menurut pendapat sobat kena tipu tapi saya telusuri lebih jauh, saya berpikir sebenarnya dimana ya unsur penipuannya karena saat saya dapat BROSUR tidak disebutkan gajinya tapi yang disebutkan adalah PENGHASILAN/INCOME kemudian jg untuk posisi mereka menyebut dengan JENJANG KARIER. selanjutnya saya
    saat saya wawancara juga dijelaskan bahwa ini ada 2 pilihan system (system management pemasaran dan system management training) yang dijelaskan juga ini sifatnya PENAWARAN kalau system pemasaran untuk dijadikan SALES tdk ada biaya tapi untuk system management training ada biaya pelatihan sebesar 525 rb. saya pikir logis jg toh sobat klo ikut pelatihan kerja diluar pastinya ada biaya jg. setelah saya aktif beberapa hari kerja ternyata benar pekerjaan itu ada dan saya sudah lakukan sesuai pelatihan dan sdh merasakan hasilnya, Alhamdulillah sekedar uang jajan anak sekolah bisa saya hasilkan tanpa harus menipu orang. thank's sobat atas attensinya, just share will be attended!

    BalasHapus
  31. awas babe eto termasuk org yg kerja dan mungkin pengelola dari cv tersebut,...saya tinggal di purwokerto SUDAH membuktikan bahwa cv itu benar2 penipuan...yakin 1000000000% dari mn saya yakin
    1.saya sudah raib 85rb
    2.adanya training di hotel palapa sabtu 16 februari 2013 sebagai mana janjinya mendadak berubah acara gara2 pada hari tersebut saya tidak melunasi kekurngan biaya training katnya di pake buat traing dr madiun coba klo saya jadi bayar pasti beda lg judulnya....
    3.saya di di janjikan sudah 98% jadi karyawati bagian ADMINISTRASI dg gaji 1jt untuk awal kerja.jadi bukan income yg di jelaskan babe eto
    4.seorang ibu dg logat sunda namaya sih bu vilda menjelaskan bahwa perusahaan itu berbentuk PT...lah wong jelas2 di depan ada tulisan CV segede gajah......bagi babe eto kalau memang benar2 anda adalah org yg beruntung dan bisa membuktikan klo cv tersebut bukan penipuan maka dg segala hormat kami ingin ketemu anda dan saya beserta rekan2 tim bloger dan facebooker sedang mengumpulkan korban dan buktti untuk menyeret CV tersebut ke meja hijau,...sudah sekitar 200orang yg siap menuju lokasi insaya alloh tdk akan lama lg,..tunggu aja beritanya di TV One dan buat rekan2 yg kena tipu harap konfirmasi ikut brgabung dg kami lewat email,..febriantysarah@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekrang baru buka lagi dbanyuwangi n malah pasang iklan dikantor pos banyuwangi

      Hapus
  32. Oke,makasih...
    Pertama kali gue liat infonya udh ragu gan,disitu tercantum lowongan kerja tapi profile perusahaannya gk ada.
    Aneh kan....
    Untung aja gue nanya sama mbah gugel.
    Perusahaan kayak gitu perlu di kerjain gan,...
    gue mau iseng dikit.

    Hehehe....

    BalasHapus
  33. Mudah2an salah satu pegawai atau semua pegawai di CV in membaca jd biar ad rasa malu utk memanggil korban sasaran.
    wkwkwkwkw

    BalasHapus
  34. ALHAMDULILAEH....ENYONG ORA SIDA KELOMBO...
    JANE AKU MINAT BANGET WONG KERJANE NENG PURWOKERTO....
    TAPI WIS WAWANCARA MALAH KON MBAYAR..APA RA TEKORRR DEWEK ....
    UNTUNG MBEKE RUGI SURAT LAMARAN KAMBI FOTO TOK
    AP KON MBAYAR NYONG BEBEH ... ALESANE NNGO TUKU BENSIN HEHHEHEH...
    INGAT KEJAHATAN BUKAN TERJADI KARENA NIAT PELAKUNYYA TAPI MEMANG DISENGAJA.....WAS..WASLAH....WAS..WASLAH


    SALAM BANG SAPI

    BalasHapus
  35. ah sikak..dancook..nyong ketipuuuu..bangsaat

    BalasHapus
  36. 75 ribuku dimakan kucing.................

    he
    he
    he

    itung2 wat tabungan nnti di akhirat.

    BalasHapus
  37. semoga penipu-penipu itu hari besok juga di tangkap polisi semua! MASUK PENJARA, INI KEDOLIMAN BESAR, MENAMBAH GARAM PADA ORANG TERTINDAS, PELAMAR PEKERJAAN KAN YANG YANG TERTINDAS, EH TAMBAH DI TINDAS

    BalasHapus
  38. marilah kita laporkan ke situs polisi bersama-sama!

    BalasHapus
  39. temen-temen yang tertipu silahkan laporkan keluh kesah anda di situs polisi banyumas, moga bermanfaat n cepat di usut, ne situse http://polresbanyumas.wordpress.com/polsek-jajaran/#comment-14

    okey?

    BalasHapus
  40. aku juga pernah jadi korbanyya pas th2012 lalu,aduh aku ngrasa bego banget sampe2 nyampe rumah sama ortuku dikira dihipnotis,,,Muke gileee
    Kalo urusan lapor melapor setuju banget, biar di grebek sekalian tu,, masaa si interview ditempat terbuka kaya gtu, rame rame sama yg lainnya lagi,,,kaya orang kurang wawasan aja,,,,

    kalo boleh tau gimana kabar CV itu ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang buka lowongan di karesidenan Madiun

      Hapus
  41. sekrang baru buka lagi dbanyuwangi n malah pasang iklan dikantor pos banyuwangi

    BalasHapus
  42. mau tanya gan apa perusahaannya namanya berubah jadi PT B. MANDIRI yaakk...
    barusan di posting tgl 7 juli 2013 kemaren buka cabang di wilayah bojonegoro,,,
    waktu aku coba telp ke no.nya ga bisa dan itu atas nama ibu winda (personalia).
    kalo emg bener,,alhamdulilah banget belum sampe apply ksana..

    BalasHapus
  43. hampir saja ketipuu,, nice info gan.. tengkyu tengkyu :)

    BalasHapus
  44. untuk para pemuda dan lulusan smk ini saya juga pernah ketipu, alhamdulilah ada keluarga yang bilang, lokasi sama seperti di artikel purwokerto selatan deket pintu keluar terminal, semoga mereka di ampuni dosanya,.. dan sadarr,..
    masih banyak pekerjaan yang lebih baik dan berkah .

    BalasHapus
  45. INI sekarang sedang jadi bahan pembicaraan di JAWA TENGAH. PURWOKERTO dan WONOSOBO utamanya . saya dari banjarnegara ( JAWA TENGAH ) juga coba-coba SMS ke info LOKER ini ... langsung dapat sms , dan disuruh interview langsung penempatan kerja. HAHAAHAHA niat mau cari kerja malah jadi guyonan...

    BalasHapus
  46. Mksh bwt blog ne.....dh ngash info

    BalasHapus
  47. gwe jg dah ketipu kmren...
    dah ngluarin uang 75 rbu..gwe jg dah ragu''wktu mreka sruh uat bayar 525rbu.
    msa sih mo krja kox sruh bayar dulu..
    truz gwe cek cabang kntor yang ada di cilcacap ternyata gag ada..
    mereka PEEMBOHONG kelas kakap !
    mending laporin aja ke polisi biar masuk pnjara..

    BalasHapus
  48. SAYA SUDAH TERTIPU OLEH PERUSAHAAN DUSTA BELAKA.....SAYA BERDOA...MUDAH2N ORANG YANG BEKERJA DI PERUSAHAAN BISA CEPAT SADAR......BAHWA PEKERJAAN YANG MEREKA LAKUKAN ADALAH PENIPUAN...DAN UANG'Y JUGA GAX BAKALAN BERKAH.........

    BalasHapus
  49. JANGAN SAMPE SAHABAT QTA SAMPE ADA YNG TERTIPU LAGI...AMIIIN

    BalasHapus
  50. Laporin aja ke polisi abang abang sekalian.., dulu di jogja klaten dan solo juga pernah ada MLM semaacam itu, tapi namanya PT. MITRA UTAMA GLOBAL.
    Langsung deh sy laporin ke oom saya yg kbetulan intel, akhirnya ditindaklanjuti dan akhirnya juga pemimpinnya itu ditangkap ma polisi.

    BalasHapus
  51. wah telat browsing aku gan, kena deh 525ribu + uang kost 300 ribu :(

    BalasHapus
  52. iya Cv itu emang menipu di Kediri juga udah banya....
    cuma sayangnya gak bisa dilaporkan ke pihak berwewenang soalnya itu ijinnya kukan usaha dagang/jasa tapi pengembangan SDM atau semacamnya lah
    dulu udah ada yang ngelaporkan tapi gak da yang diproses

    BalasHapus
  53. 1. Pencemaran Nama Baik Berdasarkan UU ITE



    Dalam UU ITE, pencemaran nama baik diatur dalam Pasal 27 ayat (3) jo. Pasal 45 ayat (1), yang masing-masing dikutip sebagai sebagai berikut :



    Pasal 27 ayat (3):

    “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”.



    Pasal 45 ayat (1):

    “Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)”.

    2. Penghinaan Berdasarkan KUHP



    Jika UU IT mengatur mengenai pencemaran nama baik, KUHP mengatur tentang pasal penghinaan.



    Pasal 310 KUHP, yang dikutip sebagai berikut :

    “Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah”.



    Sehingga dari ketentuan Pasal 310 KUHP tersebut di atas, harus dibuktikan unsur-unsur sebagai berikut :

    a) Unsur kesengajaan;

    b) Unsur menyerang kehormatan dan nama baik;

    c) Unsur di muka umum.

    BalasHapus
  54. Harus kita cepet2 lapor dan minta cepet di usut

    BalasHapus
  55. teman teman barusan saya ngatain bg mandiri penipu,,dia gak terima,,enaknya kita bakar aja yuk,,,

    BalasHapus
  56. alhamdulillah,,,untung aja belum dateng interview........

    BalasHapus
  57. CV Anjrit, ada juga karyawannya yg nipu malah istri orang sampe dibawa nyebar ko pulangnya dibawa ke hotel anjing.... sampai kapanpun gue ga terima

    BalasHapus
  58. kenapa sih ngga diberantemin aja...? jadi napsu pengen serotin mukanya dia keaspal.

    BalasHapus